Pengenalan pemrograman berorientasi objek

Posted on 8:20 PM by Rudi Syaifudin

  PARADIGMA PEMROGRAMAN

  •   Paradigma pemrograman :

Cara berpikir seorang developer/programmer dalam memecahkan persoalan pemrograman
  • Macam-macam paradigma pemrograman :
  1. Terstruktur 
  2. Berorientasi objek 
  3. Fungsional 
  4. Deklaratif 
  5. Berbasis komponen,
  6. dll

OOP, WHAT’S THAT?
l  OOP (Object Oriented Programming) atau PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) menyelesaikan persoalan pemrograman dengan membagi persoalan ke dalam unit-unit kecil.
l  Unit terkecil ini selanjutnya disebut dengan OBJEK.
l  Persoalan diselesaikan dengan merancang interaksi antar OBJEK pada sistem.

LATAR BELAKANG
l  Pemrograman terstruktur : berorientasi proses
l  Data tidak terjaga dengan baik dan dapat diakses dari bagian manapun kode.
l  Ada kebutuhan untuk mengatur pengaksesan thd data sehingga tidak sembarangan diakses à ditangani oleh OBJEK.
l  OBJEK dianggap lebih mewakili dunia nyata.

ISTILAH-ISTILAH
l  OBJEK & KELAS (CLASS)
l  Objek : unit yang mewakili entitas di dunia nyata
l  Kelas : penghasil objek
l  ATRIBUT/DATA
l  Menyimpan informasi/karakteristik setiap objek
l  METODE (METHOD)
l  Menyatakan proses-proses apa saja yang dapat dilakukan oleh sebuah objek

Bahasa PBO
l  Java
l  C++
l  C#
l  Delphi
l  PHP
l  Phyton
l  Simula
l  Smalltalk
l  Ada
l  Eiffel
l  Javascript
l  Visual FoxPro
l  ColdFusion
l  Oxygene
l  Fortran 2003
l  Object Pascal
l  Perl 5
l  dll

APAKAH JAVA ?
l  Evolusi Java :
      B à BCPL à C à C++ à Java
l  Program Java terdiri atas kumpulan class (kelas).
l  Programmer dapat membuat sendiri kelas Java atau menggunakan kelas yang telah disediakan oleh pustaka (library) Java.
l  Pustaka Java dikenal dengan Java APIs (Application Programming Interfaces)

PROGRAM SEDERHANA DENGAN JAVA
Alur Pembuatan Program Java


TAHAP 1 : MEMBUAT PROGRAM
l  Meliputi :
l  Menuliskan kode pada software editor untuk Java, misalnya Netbeans, Jcreator, Gel, notepad, dll
l  Menyimpan file yang dihasilkan dengan nama yang berekstensi java (.java), misalnya HelloWorld.java, Mahasiswa.java, dll

TAHAP 2 : KOMPILASI KE BYTECODE
l  Meliputi :
l  Jalankan perintah javac (melalui command prompt) terhadap file .java yang telah dihasilkan
                        javac HelloWorld.java
l  Perintah di atas memerintahkan kpd Java compiler untuk mengubah HelloWorld.java menjadi bytecode
l  Apabila berhasil, maka akan dihasilkan file berekstensi class (.class), misalnya HelloWorld.class
l  Jika tidak berhasil, berarti masih ada kesalahan pada kode program yang ditulis.
l  Java bytecode tidak bergantung platform sehingga bersifat portable & dapat dijalankan pada hardware komputer yang berbeda

TAHAP 3 : LOADING KE MEMORI
l  Meliputi :
l  Class loader mengambil .class dari program untuk ditempatkan di memori
l  Class loader juga mengambil semua .class dari program lain yang digunakan oleh program kita

TAHAP 4 : VERIFIKASI BYTECODE
l  Meliputi :
l  Pemeriksaan bytecode oleh bytecode verifier.
l  Memastikan bahwa bytecode adalah valid dan tidak melanggar keamanan Java

TAHAP 5 : EKSEKUSI (EXCUTE)
l  Meliputi :
l  Java Virtual Machine (JVM) menjalankan program yang telah diletakkan di memori.
l  JVM adalah pondasi dari platform Java
l  Virtual Machine adalah software yang merupakan simulasi dari komputer. Sifatnya menyembunyikan sistem operasi dan hardware dari program yang berjala di atasnya.
l  Bytecode tidak bergantung pada platform hardware tertentu. Bytecode dapat dijalankan disemua JVM yang versinya sesuai.

PROGRAM SEDERHANA
//Nama file (harus) : HelloWorld.java
public class HelloWorld {
            public static void main(String [] args){
                        //menuliskan string ke layar
                        System.out.println(“Hello World”);
            }
}
Catatan :
  1. Nama file harus sama dg nama class
  2. Kode Java bersifat case-sensitif

PROGRAM SEDERHANA (2)
public class Coba {
            public static void main(String [] args) {
                        int a,b;
                        a = 2; b = 3;
                        System.out.println(“Nilai a = ”+a);
                        System.out.println(“Nilai b = ”+b);
            }
}

PEMROSESAN
l  Secara standar
l  Menggunakan editor khusus



Sumber : Gita indah marthasari

8 Response to "Pengenalan pemrograman berorientasi objek"

.
gravatar
Aleksandar Jovanovic Says....

Good evening! I have been searching the internet and I got into this blog.
And I've quickly got the thing I had been looking around!
I completely like your site. Domains with so unique text are much more easier to read!
I could recommend you to keep it up. It was my pleasure to see your topic.
Check my site and check definitely free top eleven hack.
Take care. :)

.
gravatar
Gepek Hauba Says....

Hello buddy! I have been surfing the net before I got into your site! I finally got the thing I was searching for! I completely like your domain! Webpages that contain such a correct text are much more better. I will recommend you to keep writing such a high quality posts. It was my pleasure to check your topic! See my site and download totally free of charge
pes 2013 crack and
xbox live code generator.
See ya. :)

.
gravatar
Ivan Noiret Says....

Hi. This topic is amazing and good to read.
Very well content make your blog into much reputable and very high authority site!
Click to see how to hack wifi password or free wifi hack
Best regards! ^_-

Leave A Reply

cara masukin comment, dibawah form ini ada pilihan "comment as" klik, dan pilih NAME/URL isi nama trus url blog kalian, klo blm punya blog, alamat URL dikosongi aj. trus isi comment dan klik "post comment"

Artikel update lainnya

Comunity Link :