dosen tak perlu tatap muka

Posted on 4:33 PM by Rudi Syaifudin

pagi-pagi sambil nungguin kopi, baca koran dulu ah, pas baca-baca, eh ada artikel kampus, yah langsung aj postin deh, nh artikelnya kaya' ini nh....

proses belajar mengajar di perguruan tinggi sudah tak perlu banyak tatap muka antara dosen dengan mahasiswa. kemendiknas melalui dirjen ketenagaan pendidikan tinggi sudah meluncurkan program jarak jauh (PJJ).

dengan model ini, peran dosen sudah tak begitu besar. beda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kehadiran dosen dalam setiap pertemuan sifatnya mutlak. karena mahasiswa dituntut aktif mencari literatur lewat internet.

menurut Dr. Muchlas samani M.Pd, saat ini untuk menghadapi kompetisi dunia kerja, mahasiswa harus menuasai karakter softskill, tentu juga dengan jiwa enterpreneur dan motivasi tinggi. karena mengunakan model e-learning, maka fungsi dari teknologi informasi akan sangat optimal. baik dosen maupun mahasiswa juga banyak belajar dari internet tersebut. mayoritas referensi bisa diambilkan dari dunia maya itu.

rektor UMM Muhadjir Effendy menambahakan bahwa program PJJ ini berbeda denan kelas jauh. karena dalam PJJ ini juga ada modul yang lengkap. tetap ada tatap muka dengan dosen, ditambah dengan e-learning.
Sumber :Radar malang 28/02/2010

3 Response to "dosen tak perlu tatap muka"

.
gravatar
ADMIN Says....

semua tetap berjuang, dosen dan mahasiswa jg harus saling dukung....

.
gravatar
tuna_kren Says....

kalo menurut Q....
dosen masih perlu walaupun hanya sebagai tempat share ilmu selain kita ambil materi dari internet...

setuju jg c klo Pembelajaran berbasis e-learning.... cz g dapat dipungkiri buanyak e-book yang bisa kita download secara cuma-cuma...

secara qt beli buku tuh sebenernya udah kadaluwarsa..... jangka 1 tahun baru terbit... itu pun teknologi udah berkembang dari sebelumnya....

Huuuaaaa......

Leave A Reply

cara masukin comment, dibawah form ini ada pilihan "comment as" klik, dan pilih NAME/URL isi nama trus url blog kalian, klo blm punya blog, alamat URL dikosongi aj. trus isi comment dan klik "post comment"

Artikel update lainnya

Comunity Link :