Sekkab Ponorogo Lepas Peserta KKN Terpadu UNMUH Ponorogo

Posted on 4:46 AM by Rudi Syaifudin


PROGRAM KULIAH KERJA NYATA TERPADU TAHUN 2009

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

DI KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO

Pengabdian kepada masyarakat menjadi pilar utama proses pembelajaran yang harus ditempuh oleh mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri secara matang berbaur di tengah-tengah kehidupan masyaraat dengan ilmu dan pengalaman bermasyarakat yang relataif memadai. Dalam perspektif ini, mahasiswa dengan berbagai disiplin ilmu yang ditempuh di perguruan tinggi, mutlak berkewajiban secara moral mengemban misi pengadian masyarakat tersebut, baik saat berstatus sebagai mahasiswa maupun terlebih ketika telah menyandang predikat sarjana.

Pola pikir diatas, jelas akan berkonsekuensi lebih jauh pada proses pembelajaran yang diselenggarakan di perguruan tinggi tempat mahasiswa menimba ilmu dan pengalaman. Berbagai teori keilmuwan yang digelar di euang-ruang kuliah ditantang untuk bisa matching dengan berbagai permasalahan yang ada di tengah kehidupan masyarakat. mau tidak mau proses pembelajaran harus didesain sedemikian rupa hingga kepentingan menanamkan berbagai teori keilmuwan (sesuai dengan basis keilmuwan masing-masing fakultas/prodi) terpenuhi dengan baik, sekaligus membumi dengan kepentingan pengabdian masyarakat dimaksud.

Selanjutnya keterpaduan yang dimaksud di dalam pola pikir pelaksanaan KKN tahun 2009 adalah memadukan berbagai basis keilmuwan mahasiswa dengan cara membentuk kelompok mahasiswa dengan pembauran dari seluruh fakultas yang ada (FAI, FISIP, FKIP, Teknik, dan Ekonomi) secara terpadu dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat lokasi diidentifikasikan kemudian didiskusikan dalam forum workshop dengan melibatkan berbagai unsur yang berkompeten; aparat desa, mahasiswa KKN, dan dosen Pembina lapangan.


Berbasis logika diatas, memadukan pembelajaran dari segi teori dan praktik, menjadi sangat niscaya dilakukan. Diantara sekian banyak media membumikan teori keilmuwan dengan praktik kehidupan bermasyarakat adalah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program KKN Terpadu UNMUH Ponorogo tersebut sesuai jadwal dimulai tanggal 4 Pebruari 2009 dan berakhir 5 Maret 2009. KKN ini diikuti oleh 214 mahasiswa dari 5 (lima) fakultas, yakni: FAI 7 orang, FISIP 11 orang, FKIP 87 orang, F. Ekonomi 56 orang, dan F. Teknik 53 orang. Target lokasi KKN Terpadu UNMUH Ponorogo tahun 2009 adalah kecamatan Ngrayun dengan mengambil beberapa Desa di wilayah kecamatan tersebut. Diantaranya Desa Grayun, Temon, Selur, dan Baosan Lor.

Secara terpisah, pada saat mewakili Bupati Ponorogo melepas peserta KKN Terpadu Rabu 04 Pebruari 2009 bertempat di DOME UNMUH, Sekkab Ponorogo Drs. H. Luhur Karsanto, M.Si menyampaikan harapan beliau dengan adanya program tersebut, Sekkab kota Reyog ini berharap program KKN Terpadu kali ini benar-benar dapat menghasilkan sesuatu yang nyata dan mampu mengembangkan potensi-potensi daerah.

sumber : http://unmuh-ponorogo.org

7 Response to "Sekkab Ponorogo Lepas Peserta KKN Terpadu UNMUH Ponorogo"

.
gravatar
albri Says....

wah jadi inget sama masa kuliah di unmuh dulu... tapi unmuh jember

.
gravatar
Sri Swami Sivananda Says....

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
Artikel Kesehatan
Download PDF JawaPos
Practical Lessons in Yoga
Review
BitDefender
Cheap Softwares

.
gravatar
yuni ponorogo Says....

mbak-mbak n mas-mas mampir nang nggrenteng to

Leave A Reply

cara masukin comment, dibawah form ini ada pilihan "comment as" klik, dan pilih NAME/URL isi nama trus url blog kalian, klo blm punya blog, alamat URL dikosongi aj. trus isi comment dan klik "post comment"

Artikel update lainnya

Comunity Link :