BPOM Soroti Rokok Elektronik

Posted on 11:43 AM by Rudi Syaifudin


JAKARTA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) belum mengklasifikasi electronic nicotine delivery systems (ENDS) atau yang biasa dikenal sebagai rokok elektronik berada dalam pengawasannya. Lembaga tersebut terus menelusuri peredaran rokok yang dibuat dari logam silinder itu.

Direktur Pengawasan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lain) BPOM Danardi Sosrosumihardjo membenarkan bahwa belakangan ini pihaknya menyoroti peredaran rokok elektronik tersebut. ''Kami tidak tahu kapan benda itu mulai masuk di Indonesia,'' ujarnya kemarin (6/8).

Menurut dia, BPOM telah menemukan beberapa pengedar ENDS di Surabaya, Makassar, Semarang, Lampung, dan Palembang. Danardi mengungkapkan, pemerintah belum bertanggung jawab menghentikan distribusi rokok elektronik itu. ''Tapi, kami terus menelusuri dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk mengambil tindakan,'' katanya.

Berdasar temuan BPOM, benda tersebut diduga kuat dijual door to door dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per paket. Setiap paket berisi sebuah logam silinder yang berbentuk mirip rokok. Lalu, ditambah sebuah charger dan USB konektor yang bisa digunakan dalam mobil atau laptop.

Selain itu, kata dia, paket tersebut dilengkapi cita rasa rokok yang dikemas dalam bentuk cartridge. Cairannya bisa diisikan kembali ke dalam logam silinder untuk diisap seperti rokok sebenarnya.

Danardi menegaskan, salah besar bila mengisap rokok elektronik diklaim lebih sehat jika dibanding rokok sebenarnya. Sebab, dalam setiap isapan rokok elektronik tersebut terkandung nikotin, dietil glikol, gliserin, dan nitrosamine.

sumber : jawa pos sabtu,7 agustus 2010

3 Response to "BPOM Soroti Rokok Elektronik"

.
gravatar
indra Says....

terimakasih untuk informasinya..semoga bisa memberikkan nilai manfaat untuk orang banyak..

Leave A Reply

cara masukin comment, dibawah form ini ada pilihan "comment as" klik, dan pilih NAME/URL isi nama trus url blog kalian, klo blm punya blog, alamat URL dikosongi aj. trus isi comment dan klik "post comment"

Artikel update lainnya

Comunity Link :